Cara Mengatasi LAG atau Shuttering saat bermain Game di PC/Laptop

Cara Mengatasi LAG atau Shuttering saat bermain Game di PC/Laptop
Lag atau shuttering memang mengganggu saat bermain game, apalagi saat sedang asik-asik nya bermain tau tau tiba tiba tersendat tersedat kyk pingin banting keyboard aja :v memang lag atau shuttering ini mengurangin pengalaman dalam bermain game , tetapi tenang disini ane pingin kasi tau cara mengatasi masalah ini
Nah yang pertama yang akan ane bahas dulu sebelum ke inti post ini adalah faktor faktor penyebab lag atau shuttering itu tadi , jadi disini ada beberapa faktor yang menyebab kan Lag/shuttering tersebut

  • Spesifikasi yang PC/laptop kurang memadai 
 Hal ini yang paling sering ane liat , mungkin karena orang orang ngebet pingin itu game dipaksa    deh  pc/laptop nya untuk main game tersebut ,padahal spek pc/lepi di bawah minimum req dari game tersebut.
  • PC/laptop kepanasan (overheat) 
nah yang ini jg bisa menyebabkan lag/shuttering , karena saking panas otomatis processor akan menurun kan performa nya agar ttp menjaga suhu , saran ane ganti cooler processor untuk pc , kalo untuk laptop pake cooling pad pada saat bermain game.
  • terdapat bug pada game tersebut 
lag ga selalu dari pc/laptop bisa saja game tersebut terdapat bug , bug kadang bisa membuat lag.shuttering itu sendiri, jadi sering sering lah update game tersebut ke versi paling terbaru.

  • Driver yang tidak pernah diupdate
nah biasa nya orang orang akan malas untuk update driver padahal ini penting loh , jadi sering sering driver PC/Laptop kamu.


Nah skrng ane akan kasi solusi untuk mengatasi lag/shuttering

1.Update Driver VGA ke versi paling terbaru
nah fungsi dari driver adalah untuk membuat hardware yang terpasang pada komputer dapat berkerja , update lah driver vga kamu , update driver secara berkala terkadang mengupdate driver dapat meningkatkan fps yang cukup singifikan loh.
2.Scan PC/laptop kamu dengan antivirus terbaru
biasa virus akan mempengaruhi perfoma PC/laptop kamu jadi segeralah bersihkan virus pada PC/laptop kamu , jgn lupa untuk sering mengupdate antivirus kalian.
3.Update Game tersebut ke versi yang paling terbaru
seperti yang tadi kita bahas lag/shuttering bisa di akibat oleh bug pada game terserbut , nah sering lah update game tersebut ke versi paling terbaru, biasa nya update bertujuan untuk memperbaiki bug bug pada game tersebut , update game biasa nya disediakan di situs resmi game tersebut.
4.kurangi settingan grafis pada game tersebut
nah game memiliki spesifikasi yang berbeda beda , coba turunkan settingan grafis pada game yang mengalami lag/shuttering tersebut jika masih lag/shuttering coba turun lagi settingan grafis nya hingga lancar pada saat dimainkan .


Jika cara di atas tidak efektif sama mungkin kamu bisa coba 2 cara di bawah ini


5.Melakukan Overclocking

 overclock adalah memacu paksa sebuah hardware tertentu(misalnya: processor atau VGA) agar lebih cepat bekerja. cara ini lumayan ampuh tetapi resiko nya juga lumayan besar , overclock juga tidak bisa di lakukan sembarangan , tetapi jika berhasil overclock sangat menguntungkan , bnyk gamer gamer di dunia melakukan cara ini untuk meningkatkan perfoma PC nya.

nb:jangan pernah meng overlock laptop , laptop sangat tidak cocok di overclock(kecuali laptopnya memang suport di overclock).

Nah ini cara terkahir jika semua cara di atas tidak berhasil

6.Upgrade Komponen PC / beli laptop baru
karena pesat nya perkembangan game , game-game jaman sekarang sangat membutuh kan spesifikasi komputer yang mempuni untuk menjalan game tersebut , memang cara ini kamu harus merogoh kocek yang tidak sedikit tapi cara ini sangat efektif.


Sekian dari artikel ini , semoga bermanfaat untuk kalian yang mempunyai masalah Lag/Shuttering pada saat bermain game. Terima Kasih

No comments:

Powered by Blogger.