Tips merawat Laptop atau Notebook agar awet dan tahan lama


dijaman sekarang laptop atau notebook adalah barang primer bagi manusia, Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

Lalu bagaimana caranya agar laptop awet dan tahan lama?

banyak yang bertanya tanya bagaimana cara merawat laptop agar awet dan tahan lama nah pada artikel hari ini saya akan memberitahu cara  merawat laptop agat awet dan tahan lama.


1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game

pada dasarnya laptop diciptakan untuk mobilitas para penggunanya dimana saja dan kapan saja jadi bukan untuk bermain game kecuali laptop gaming , perlu kalian ketahui komponen laptop dengan pc dekstop sangat lah berbeda , pc dekstop lebih diperuntukan untuk pekerjaan yang lebih berat  , pada saat kita bermain game cpu dan gpu laptop akan berkerja lebih keras karena ketebatasan pendinginan dilaptop bisa saja terjadi overheating , nah overheating ini akan memperpendek usia laptop anda.

2. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur

Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan laptop di atas kasur lebih nyaman.
tetapi perlu kalian ketahui pada saat kalian menaruh laptop dikasur tanpa kalian sadari itu sudah menyumbat airflow laptop kalian atau bisa saja debu-debu halus yang ada di kasur masuk kedalam sirkulasi udara dilaptop alhasil akan menyumbat tempat pembuangan panas dilaptop , jika tempat pembungan panas laptop tersumbat maka akan mudah terjadi overheat.

3. Jauhkan Minuman dari Laptop Anda.

Minuman yang tumpah pada laptop dapat menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya.
Karena air merupakan musuh utama rangkaian elektronik, alangkah baiknya pada saat menggunakan laptop tidak sambil makan dan minum.

4. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop

Kebiasaan ini sering di anggap sepele oleh pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini akan berakibat fatal.
Hindari menaruh barang berat di atas laptop. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen lainnya.

5. Bersihkan Layar Laptop secara Rutin

Saya sarankan membeli screen protector atau pelindung layar terlebih dahulu, guna melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan.
Bersihkan pula layar laptop anda dari debu-debu yang menempel secara rutin.

6. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda

Perlu anda ketahui, Optical Drive/ DVD ROM laptop sangat rentan terhadap debu. Dikarenakan dapat mengganggu proses pembacaan data dari CD/ DVD.
Bersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive pada laptop anda secara rutin. Berhati-hatilah ketika memasukkan CD/ DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan.

7. Jauhkan Laptop dari Jangkauan Anak Kecil

Jauhkan laptop kesayangan anda dari jangkauan anak kecil untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Namanya juga anak kecil, bisa jadi mereka menganggap laptop kesayangan anda sebagai mainan.

8. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari

Hindari kontak langsung antara laptop kesayangan anda dengan sinar matahari. Dikarenakan beberapa komponen laptop rentan mengalami kerusakan jika terkena sinar matahari secara langsung.

9. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet

Mengunduh software sembarangan dari internet dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop.
untuk mencegah, install lah anti-virus dan selalu update database virus ke versi paling terbaru.

10. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Gunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan sebaiknya anda matikan laptop anda.
Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan faktor yang membuat laptop mengalami overheat.

11. Perhatikan Suhu Laptop Anda

Banyak pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu pada laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab overheat pada laptop.
Seperti yang di alami teman sekelas saya, dia sering menggunakan laptopnya untuk bermain game berat tanpa memperhatikan suhu pada laptopnya.
Alhasil, setelah saya cek suhu hardwarenya menggunakan software HWMonitor. Mengejutkan sekali, suhu laptopnya mencapai 90°C! Hampir mendekati suhu air mendidih yaitu 100°C. Padahal laptop tersebut masih berumur kira-kira 1 tahun.


Kesimpulan

laptop berbeda komputer laptop diciptakan untuk mempermudah mobilitas pengguna kapan saja dan dimana saja , dari artikel diatas saya harap anda lebih memperhatikan laptop anda

sekian dari artikel saya terima kasih sudah menyimak artikel saya.


No comments:

Powered by Blogger.