Tips mengatasi PC/Laptop yang lemot

tips mengatasi PC/laptop yang lemot
PC atau laptop adalah benda yang tak terpisahkan dari manusia,namun bagaimana pada saat kita bekerja PC atau laptop kita lemot? pasti anda akan kesal apalagi saat bekerja dan dikejar deadline, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Tips mengatasi PC/Laptop yang lemot.
 
Apa penyebab sebuah PC/Laptop itu lemot?
peyebab PC/Laptop lemot atau lambat ini bisa bermacam macam :
  1. Sistem Registry: Pada intinya adalah semakin banyak software-software yang anda install dalam komputer maka semakin bertambah pula sistem registry baru yang tersimpan dan bekerja dalam komputer anda.
  2. Ruang Harddisk: Usahakan memberikan ruang kosong yang cukup pada hardisk anda, jangan terlalu penuh.
  3. Antivirus: Jelas sekali kehadiran antivirus akan sangat membuat komputer kita berjalan sangat berat, maka hal yang terbaik yang bisa anda lakukan adalah menyesuaikan spesifikasi komputer dengan antivirus yang digunakan (prosessor, memori,dll).
  4. Spyware: Spyware adalah program yang berjalan sendiri tanpa sepengetahuan anda, solusi cuma satu hapus spyware tersebut dengan anti spyware yang ter-update.
Lalu bagaimana cara mengatasinya? 

1.Hapus file temporary windows

sebelum melakukan cara ini ada baiknya ada hal yang perlu tentang file temporary disini akan saya jelaskan secara singkat.


Apa itu Temporary File di Windows?
Temporary File di Windows adalah file-file yang penggunaannya hanya sementara dan menjadi berlebihan sekali setelah program selesai. File sementara tersebut dibuat untuk menyimpan data sementara ketika file sedang dibuat, diproses atau digunakan.

Lalu bagaimana cara menghapusnya?
1.buka Run lalu ketik "%Temp%" tanpa tanda petik , jika anda tidak tau cara membuka run ada 2 cara yang saya ketahui untuk membuka nya yang pertama dengan cara tekan tombol windows + R(dipencet berbarengan) dan yang kedua dengan mengetik run disearch bar distart menu
2. Jika sudah terbuka pilih semua file dan folder atau tekan tombol Ctrl + A, lalu klik kanan pada salah satu folder/file, lalu klik Delete.
3. Jika sudah, tutup jendela Temp lalu hapus file temp yang ada direcycle bin dengan cara klik kanan pada ikon Recycle Bin lalu klik Empty Recycle Bin.
4. Jika ada peringatan, klik OK atau Yes.
5.tunggu hingga proses selesai.

2.Terlalu banyak program yang terinstall 
terkadang kita jarang memperhatikan hal ini, sekiranya kita sering menginstall software yang tidak perlu atau tidak terlalu penting bagi pekerjaan kita , pada saat komputer dijalan akan banyak sekali program yang jalan ini jelas akan membebani komputer , cara mengatasi nya sangat mudah anda bisa meng uinstall program tersebut melalui control panel atau mendisable program tersebut, cara sangat mudah buka software CCleaner => pilih tab tool => startup => disable aplikasi yang tidak terlalu penting.
Kemudian, anda juga bisa menguninstall program-program tidak jelas yang ada pada komputer anda melalui control panel. Klik Windows, klik Control Panel, klik uninstall program, lalu pilih program yang tidak terpakai untuk di uninstall.

3.Hardisk yang badsector
Setiap PC atau laptop terdapat komponen yang sangat penting untuk media penyimpanan berkapasitas besar yaitu harddisk.  Harddisk jika tidak dirawat  akan mengalami beberapa gangguan, gangguan yang paling sering adalah bad sector. bad sector ini dapat menyebabkan penurunan performa komputer bahkan error.

Lalu? bagaimana cara mengatasinya?
  • Buka windows explorer, lalu klik kanan partisi hardisk anda, semisal; drive C, D atau E yang ingin anda periksa.
  • Kemudian Klik Properties, Lalu klik  Tools.

  • Selanjutnya klik Pada Tab Tool Klik Check.
Tips mengatasi PC/Laptop yang lemot
Klik Tombol Check

dan setelah di cek di temukan Bad sector pada hardisk anda, bagaimana cara memperbaikinya?
Bila bad sector pada hardisk anda masih bad sector yang ringan anda dapat memperbaikinya dengan cara :
  1. Menggunakan fasilitas check now diatas, dan pilih fasilitas repair
  2. Opsi untuk memperbaiki bad sector hardisk dengan menggunakan beberapa software seperti HDD Regenerator, atau software Low Level Format , untuk detailnya silahkan searching di google.
 Jika cara ditadi tidak membuahkan hasil cara satu-satu adalah membeli hardisk baru!

4.Karena Virus 
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain ,virus komputer biasa nya menyerang system , biasakan selalu mengudpdate database anti-virus anda ke versi paling terbaru dan gunakan anti-virus terpercaya , jika memungkinkan gunakan anti-virus berbayar.


Sekian artikel saya pada kesempatan kali ini semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sekalian
sekian terima kasih.


















 

No comments:

Powered by Blogger.